Skip to main content

Perencanaan Keuangan? Gimana ya Prosesnya? (2)




Perencanaan Keuangan haruslah di buat secara personal sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Perencanaan Keuangan haruslah focus pada efek psikologi dan financial yang dapat mempengaruhi  pencapaian tujuan-tujuan investasi anda. Sebuah Perencanaan Keuangan yang komprehensif haruslah memberikan strategi jangka panjang serta perhitungan yang dapat di pakai untuk mencapai tujuan investasi anda.

Perencanaan Keuangan akan membantu anda mengalokasikan uang anda secara lebih sistematik dan spesifik. Melalui enam langkah awal proses Perencanaan Keuangan yang komprehensif Perencanaan Keuangan akan membantu anda dengan :
Melihat situasi anda sekarang berdasarkan data-data yang di berikan oleh anda.

Kerjasama anda dan keterbukaan anda dalam memberikan data personal, situasi keuangan anda, tujuan anda serta harapan anda akan di butuhkan oleh Perencanaan Keuangan untuk membantu anda dalam menyiapkan Perencanaan Keuangan . Anda di minta untuk mengisi daftar pertanyann seperti gaji, kewajiban, asset, investasi, dana pendidikan serta program asuransi yang anda miliki. 

Menetapkan tujuan investasi anda.

Para profesional di bidang Perencanaan Keuangan akan membantu anda dalam menetapkan tujuan investasi anda. Tujuan-tujuan investasi in dapat termasuk : Biaya Kuliah anak kelak, membantu membiayai orang tua yang telah lanjut usia dan tidak bekerja lagi, mengurangi beban keuangan anda dengan melakukan analisa keuangan bulanan anda, dan lain-lain.

Melihat permasalahan yang dapat menghalangi anda dalam mencapai tujuan-tujuan investasi tersebut.

Banyak permasalahn yang mungkin tidak anda sadari seperti contohnya : anda tidak mempunyai asuransi atau sebaliknya anda kelebihan asurani, masalah cash flow  bulanan anda tidak pernah cukup untuk kebutuhan hidup per bulannya, atau investasi anda sekarang ternyata tidak dapat melampaui rate inflasi sekarang. Seluruh permasalahan ini akan diidentifikasikan sebelum Perencanaan Keuangan memberikan jalan keluar dari permasalahan anda.

Mempersiapkan Perencanaan Keuangan secara tertulis.

Panjangnya suatu dokumen dari Perencanaan Keuangan bergantung kepada seberapa kompleks situasi keuangan anda. Rencana keuangan ini akan di buat sesuai dengan situasi anda serta tujuan investasi anda, sehingga rencana keuangan ini hanya akan tepat dan sesuai untuk di gunakan oleh anda (taylor made).

Menerapkan rekomendasi dalam Perencanaan Keuangan anda

Perencanaan Keuangan akan dapat bekerja dengan baik apabila di terapkan. Akan tetapi langkah untuk menerapkan, memodifikasi, ataupun menolak rekomendasi tetap akan di putuskan oleh anda sendiri. Apabila sesuai dengan perjanjian, anda dapat meminta Perencanaan Keuangan anda untuk membantu anda menerapkan rekomendasi tersebut.

Tinjauan secara teratur terhadap Rencana Keuangan anda

Tinjauan secara teratur adalah suatu hal yang penting dalam proses suatu Perencanaan Keuangan. Dengan melakukan tinjauan secara teratur anda dapat mengetahui apabila Rencana Keuangan anda tetap pada jalur yang telah di setujui atau tidak. Sebuah Rencana Keuangan yang komprehensif akan mengikut sertakan tinjauan sebagai satu kesatuan paling sedikit satu tahun sekali.


Artikel terkait :

Popular posts from this blog

6 CIRI HIDUP MAPAN, KAMU TERMASUK NGGAK ?

Hidup mapan adalah dambaan dan kewajiban setiap orang. Karena kita diberi Allah kekayaan dan kecukupan, bukan kekayaan dan kemiskinan. Jadi siapa yang menjadikan kita miskin, adalah diri kita sendiri, akibat tidak merencanakan keuangan dengan baik, sehingga timpang dan tidak proporsional dalam membagi pos-pos keuangan. Beberapa contohnya karena tidak mengeluarkan hak Allah, pelit dalam berinfak sedekah, boros, dan banyak mengeluarkan harta secara sia-sia. Rejeki memang Allah yang memberi, namun manusialah yang seharusnya pandai mengatur agar cukup untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan baik di dunia dan akherat kelak, sehingga kemapanan dapat dicapai. Aidil Akbar Madjid dalam kata-kata mutiaranya menulis, jika hidupmu mapan, maka wajahmu (yang tak tampan) akan termaafkan. ” Sepakat, karena setelah mapan, ketampanan itu bisa diusahakan. So, jika hidupmu mapan, pasangan rupawanpun bukan sekedar impian. Ya kan? Banyak orang mengasosiasikan hidup mapan dengan aset yang dimili

SHILA FINANCIAL

Shila Financial is a trusted financial consultancy brand committed to providing easy-to-implement, affordable, and professional financial solutions to the public. We recognize that many people struggle with managing their finances, and therefore we have Certified Financial Planners and internationally licensed professionals to help them better plan their finances and achieve a more empowered life and financial position. We have two business units: Shila Consulting and Shila Institute. Shila Consulting focuses on providing financial planning services, tax services, transfer pricing, mental health, branding, media planning and legal services to our clients. Shila Institute offers short classes on financial planning and related matters that are affordable and accessible to the general public, both for individuals and companies. We always prioritize high ethical and professional values in providing our services. We are committed to providing quality and trustworthy services to our clients

MEDIA PLANNING

We provide branding and media planning consultation to businesses of all sizes and industries, helping them to establish a strong brand identity, develop effective marketing strategies, and maximize their advertising budget. Our partner team of experts works closely with clients to understand their unique needs and goals, and tailor our services to meet those specific requirements. Whether you are a startup looking to build your brand from scratch, or an established company seeking to revitalize your marketing efforts, we are here to help you elevate your brand, expand your reach, and excel in your industry.  Contact Us    +62 888-1851-225 shila.financial@gmail.com